Jumat, 07 Februari 2014

CARA MEMBUAT RANKING SECARA OTOMATIS





Membuat ranking merupakan tugas pokok seorang guru yang menjadi wali kelas terutama dalam hal pengisian rapor siswa. Dengan melihat ranking tersebut seorang wali kelas dapat melihat sejauh mana kemampuan dan perkembangan semua peserta didiknya. Kebanyakan wali kelas hanya meranking peserta didik yang nilainya besar-besar saja untuk dihitung sedangkan sisanya dibiarkan begitu saja. Hal itu dilakukan karena ranking di dalam rapor ada yang ditulis dan ada yang tidak tergantung wali kelasnya.


Dalam hal membuat ranking , wali kelas masih banyak yang menggunakan kalkulator sebagai alat bantu untuk menjumlah semua nilai siswa. Untuk menyelesaikan masalah ini, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pernah mengalami soalnya. Beda dengan sekarang, setelah saya mengerti fasilitas yang disediakan microsot excel, akhirnya cara lama sudah saya tinggalkan. Selain waktunya lebih cepat, hasilnya pun akurat. Eh kok jadi curhat.
Langsung saja ke pokok permasalahan. Berikut ini sampel data yang akan kita buat rankingnya secara otomatis. Perhatikan tabel berikut ini!

Berdasarkan table, terdapat 5 siswa yang memiliki jumlah nilai yang berbeda-beda dari nilai 4 mata pelajaran. Kita akan menghitung rankingnya secara otomatis dengan cara berikut ini:
1.       Letakkan kursor pada Cell H5 (Peringkat terletak pada kolom H sedangkan Rina terletak pada baris ke 5)
2.       Ranking Rina              Silakan Ketik       =RANK(G5;$G$5:$G$9)

Ranking Rini                Silakan Ketik       =RANK(G9;$G$5:$G$9)
3.       Jika rumus untuk ranking rina sudah diketik, silakan sorot rumus tersebut sampai ke bawah untuk mempercepat prosesnya daripada menulis rumus tiap cell.


Keterangan  =RANK(G5;$G$5:$G$9)
G5                          : menunjukkan cell yang akan dibuat rangking
;                               : lihat dikomputer masing-masing. Setiap computer berbeda-beda tandanya (seperti tanda “.” , “,” , “;” , “:”)
$G$5:$G$9          : tulisan ini menunjukkan data di cell G5 sampai G9. Tanda $ digunakan untuk membuat cell tersebut menjadi absolut. Cara menuliskan dapat diketik satu persatu atau blok cell G5 sampai G9 kemudian tekan tombol F4.

Jika rumus tersebut benar, maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini:




Mudah sekali bukan?

Selamat Mencoba

Jangan Lupa di Like ya!

SEMOGA BERMANFAAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar