Senin, 18 Maret 2013

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013



Pada tanggal 06 Maret, beberapa Guru Matematika SMP Kabupaten Lampung Timur (Perwakilan MGMP) mengikuti Seminar Nasional dengan tema "REVITALISASI PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013" . Pertemuan tersebut dilaksanakan di LPMP yang dihadiri sekitar 1.200 orang. Luar Biasa. Seminar tersebut terselenggara atas Forum MKPS, KKPS, MKKS, K3S yang bekerjasama dengan LPMP Propinsi Lampung. Alhamdulillah saya termasuk salah satu guru yang terpilih dalam mewakili MGMP Matematika SMP kabupaten Lampung Timur.

Seminar tersebut membahas tentang Kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, terdapat perbedaan dengan kurikulum sebelumnya (KTSP). Pada Stuktur kurikulum 2013, Jumlah Mata pelajaran dikurangi, tetapi jumlah jam mengajar perminggu ditambah. Untuk lebih jelasnya lihatlah tabel berikut ini:





Dengan adanya perubahan kurikulum ini, diharapkan Pendidikan di negara kita semakin lebih baik lagi. Tidak hanya tingkat intelegensinya yang bagus tetapi akhlaknya menjadi semakin lebih baik lagi. Khusus untuk Bapak/Ibu guru, ada kabar yang baik untuk kita semua, bahwa kita tidak akan dipusingkan dalam membuat silabus lagi dan yang lebih menggembirakan Guru akan mendapatkan buku panduan mengajar dan siswa akan mendapatkan bahan ajar. Kita Tunggu saja apakah benar atau tidak? Semoga saja Benar adanya.

Untuk membantu Bapak/ Ibu guru mengetahui info tentangKurikulum 2013 Dan Implementasinya, saya sediakan link download materi yang disampaikan oleh Pemateri.

Materi yang disampaikan oleh Pak Syawal GultomSukses 
(Kepala Badan Pengembangan sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Penjaminan Mutu pendidik Kemdikbud)
Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 silakan download  disini

Materi yang disampaikan oleh Pak Ariantoni
(Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang-Kemdikbud)
Pengembangan Kurikulum 2013 dan Implementasinya silakan download  disini


Jangan Lupa di Like ya!

SEMOGA BERMANFAAT

5 komentar:

  1. asyik.bahasa indonsia nambah jam. biar anak2 pinter berbahasa indonesia dengan baik dan benar

    BalasHapus
  2. jamme okoh podo ora tau mangkat kabotan jam ips way sing tambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sopo kui seng ra tau mangkat? po seng komen seng duwor

      Hapus
  3. SEMOGA KURIKULUM YANG DIPROGRAMKAN TERCAPAI ...

    BalasHapus