Senin, 17 November 2014

KISI-KISI SOAL UAS MATEMATIKA SMP KELAS 8 TP 2014/2015

MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
KISI-KISI SOAL UAS MATEMATIKA SMP KELAS 8 TP 2014/2015

1.     Diberikan titik-titik pada bidang koordinat cartesius, siswa dapat menentukan letak titik pada kuadran tertentu
2.    Diberikan titik-titik pada bidang koordinat cartesius, siswa dapat menentukan jarak suatu titik terhadap sumbu x dan sumbu y
3.    Diberikan titik-titik pada bidang koordinat Cartesius, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang posisi titik terhadap titik asal(0,0)
4.    Diberikan titik-titik pada bidang koordinat Cartesius, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang posisi titik terhadap titik tertentu

5.    Menentukan pernyataan yang benar tentang posisi garis terhadap sumbu x dan sumbu y
6.    Diberikan dua buah titik koordinat, siswa dapat menentukan dua koordinat lainya agar jika dihubungkan dengan garis akan membentuk persegi
7.    Diberikan soal cerita, siswa dapat menentukan bentuk aljabarnya
8.    Menentukan penjumlahan bentuk aljabar
9.    Menentukan pengurangan bentuk aljabar
10. Menentukan perkalian bilangan konstan dengan bentuk aljabar
11.  Menentukan perkalian bentuk aljabar dengan bentuk aljabar
12. Menentukan hasil bagi bentuk aljabar
13. Menentukan bentuk aljabar pembagi jika diketahui bentuk aljabar yang dibagi dan hasil baginya
14. Menentukan penyederhanaan bentuk aljabar
15. Memilih pernyataan yang benar dari ciri-ciri
16. Diberikan beberapa bentuk diagram panah siswa dapat memilih diagram yang merupakan fungsi
17. Diberikan suatu rumus fungsi, siswa dapat menghitung nilai suatu fungsi
18. Diberikan suatu himpunan pasanagan berurutan siswa dapat menentukan rumus fungsinya
19. Diberikan persamaan garis lurus dalam bentuk  -ax + by = c, Peserta didik dapat menentukan Grafik garis persamaan tersebut
20.Disajikan Grafik  garis g memotong sumbu x dan sumbu y dengan  miring ke kiri, peserta didik dapat menentukan persamaan garis lurus dalam bentuk
21. Disajikan gambar garis g   miring ke kiri pada bidang yang berpetak, peserta didik dapat menentukan gradien garis g
22.Disajikan tabel yang menunjukkan koordinat titik A,B dan C  dan terletak pada satu garis Lurus, peserta didik dapat menetukan absis(dilambangkan dengan p ) pada titik A yang belum diketahui
23.Diketahui garis yang melalui dua titik A dan titik B, peserta didik dapat menentukan gradien garis tersebut
24.Disajikan gambar grafik garis  h memotong sumbu x dan sumbu y (miring ke kanan), Peserta didik dapat menentukan gradien garis h
25.Diberikan pernyataan: jika suatu garis memiliki persamaan  ax + y – c, maka
a.    Gradiennya= - m
b.    Memotong sumbu y di titik (0,y)
c.    Memotong sumbu x di titik (x , 0)
26.Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan hanya I dan II atau hanya I dan III atau hanya II dan III atau I,II,III yang benar  :
27.Peserta didik dapat menentukan persamaan garis yang melalui satu titik ( - x,y)   dan tegak lurus dengan garis yang persamaannya   y  - ax = c, dalam bentuk  ax + by + c = 0
28.Peserta didik dapat menentukan persamaan garis yang melalui satu titik (x,-y)   dan sejajr  dengan garis yang persamaannya  ax + by - c = 0 dalam bentuk  ax + by + c = 0
29.Disajikan sebuah gambar segitiga siku siku ABC , A di titik siku-siku. Peserta didik dapat menentukan teorema /rumus pythagoras .
30.Diberikan ukuran sisi – sisi (dalam cm) dari empat segitiga:(I,II,III,IV).  Peserta didik dapat menentukan pasangan segitiga yang merupakan segitiga siku-siku
31. Disajikan gambar segitiga siku-siku dan diketahui panjang sisi  siku-sikunya. Peserta didik dapat menentukan panjang hipotenusa ( x)
32.Disajikan gambar ∆ ABC sama kaki dengan alas AB dan CD memotong AB di D. Besar ˪ ACD = O Dan panjang CD = 303 cm . Peserta didik dapat menentukan keliling ∆ ABC
33.Disajikan  gambar sebuah tangga yang panjangnya ...meter bersandar pada batang pohon. Jarak ujung bawah tangga terhadap pangkal pohon...meter. Peserta didik dapat menentukan tinggi ujung tangga dari permukaan tanah
34.Diasajikan sebuah perahu layar agar memperoleh dorongan angin dibantu  sebuah parasut . Peserta didik dapat menentukan panjang tali parasutyang diperlukan seperti tampak pada gambar.
35.Disajikan gambar segitiga samakaki KLM , KM = LM, garis MN^ KL  dan diketahui panjang KM serta KL. Peserta didik dapat menentukan panjang MN
36.Disajikan gambar segitiga siku-siku ABC, siku-siku di B. Dan sebuah sebuah segitiga siku-siku ABD , siku-siku di A dan salah satu sisi siku-sikunya merupakan hipotenusa segitiga siku-siku ABC. Pesrta didik dapat menentukan panjang sisi AD, jika diketahui panjang AB dan BC serta CD
37.Diketahui sebuah persegi sama dengan panjang  hipotenusa segitiga siku-siku .yang diketahui panjang siku-sikunya. Peserta didik dapat menentukan luas persegi.
38.Disajikan gambar grafik data suhu badan pasien dari puku 12.00 s,d 15.00. Dengan membaca grafik, peserta didik dapat menentukan suhu badan pasien pada pukul 14.30.
39.Disajikan gambar digram lingkaran yang menunjukkan kegemaran 200 siswa dalam mengikuti pelajaran  di suatu sekolah. Yang dibagi 5 sektor dalam satuan prosentase .Peserta didik dapat menetukan banyaknya siswa yang gemar matematika.
40.Disajikan digram batang yang menunjukan hasil penjualan buku selama lima hari dari hr senin hingga jumat. Peserta didik dapat menentukan jumlah buku yang terjual selama lima hari.

Jangan Lupa di Like ya!

SEMOGA BERMANFAAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar