MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
KISI-KISI SOAL UAS MATEMATIKA SMP KELAS 8 TP 2014/2015
1.
Diberikan titik-titik pada bidang koordinat cartesius,
siswa dapat menentukan letak titik pada kuadran tertentu
2.
Diberikan titik-titik pada bidang koordinat cartesius,
siswa dapat menentukan jarak suatu titik terhadap sumbu x dan sumbu y
3.
Diberikan titik-titik pada bidang koordinat Cartesius,
siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang posisi titik terhadap
titik asal(0,0)
4.
Diberikan titik-titik pada bidang koordinat
Cartesius, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang posisi titik
terhadap titik tertentu
5.
Menentukan pernyataan yang benar tentang posisi
garis terhadap sumbu x dan sumbu y
6.
Diberikan dua buah titik koordinat, siswa dapat
menentukan dua koordinat lainya agar jika dihubungkan dengan garis akan
membentuk persegi
7.
Diberikan soal cerita, siswa dapat menentukan
bentuk aljabarnya
8.
Menentukan penjumlahan bentuk aljabar
9.
Menentukan pengurangan bentuk aljabar
10. Menentukan
perkalian bilangan konstan dengan bentuk aljabar
11. Menentukan
perkalian bentuk aljabar dengan bentuk aljabar
12. Menentukan
hasil bagi bentuk aljabar
13. Menentukan
bentuk aljabar pembagi jika diketahui bentuk aljabar yang dibagi dan hasil
baginya
14. Menentukan
penyederhanaan bentuk aljabar
15. Memilih
pernyataan yang benar dari ciri-ciri
16. Diberikan
beberapa bentuk diagram panah siswa dapat memilih diagram yang merupakan fungsi
17. Diberikan
suatu rumus fungsi, siswa dapat menghitung nilai suatu fungsi
18. Diberikan
suatu himpunan pasanagan berurutan siswa dapat menentukan rumus fungsinya
19. Diberikan
persamaan garis lurus dalam bentuk -ax +
by = c, Peserta didik dapat menentukan Grafik garis persamaan tersebut
20.Disajikan Grafik garis g memotong sumbu x dan sumbu y
dengan miring ke kiri, peserta didik
dapat menentukan persamaan garis lurus dalam bentuk
21. Disajikan
gambar garis g miring ke kiri pada
bidang yang berpetak, peserta didik dapat menentukan gradien garis g
22.Disajikan tabel yang menunjukkan
koordinat titik A,B dan C dan terletak
pada satu garis Lurus, peserta didik dapat menetukan absis(dilambangkan dengan
p ) pada titik A yang belum diketahui
23.Diketahui garis yang melalui dua
titik A dan titik B, peserta didik dapat menentukan gradien garis tersebut
24.Disajikan gambar grafik garis h memotong sumbu x dan sumbu y (miring ke
kanan), Peserta didik dapat menentukan gradien garis h
25.Diberikan pernyataan: jika suatu
garis memiliki persamaan ax + y – c,
maka
a.
Gradiennya= - m
b.
Memotong sumbu y di titik (0,y)
c.
Memotong sumbu x di titik (x , 0)
26.Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan hanya I dan II atau hanya I dan III atau hanya II dan III
atau I,II,III yang benar :
27.Peserta didik dapat menentukan
persamaan garis yang melalui satu titik ( - x,y) dan tegak lurus dengan garis yang
persamaannya y - ax = c, dalam bentuk ax + by + c = 0
28.Peserta didik dapat menentukan
persamaan garis yang melalui satu titik (x,-y)
dan sejajr dengan garis yang
persamaannya ax + by - c = 0 dalam
bentuk ax + by + c = 0
29.Disajikan sebuah gambar segitiga
siku siku ABC , A di titik siku-siku. Peserta didik dapat menentukan teorema
/rumus pythagoras .
30.Diberikan ukuran sisi – sisi
(dalam cm) dari empat segitiga:(I,II,III,IV).
Peserta didik dapat menentukan pasangan segitiga yang merupakan segitiga
siku-siku
31. Disajikan
gambar segitiga siku-siku dan diketahui panjang sisi siku-sikunya. Peserta didik dapat menentukan
panjang hipotenusa ( x)
32.Disajikan gambar ∆ ABC sama
kaki dengan alas AB dan CD memotong AB di D. Besar ˪ ACD = O Dan panjang CD = 303 cm .
Peserta didik dapat menentukan keliling ∆ ABC
33.Disajikan gambar sebuah tangga yang panjangnya ...meter
bersandar pada batang pohon. Jarak ujung bawah tangga terhadap pangkal
pohon...meter. Peserta didik dapat menentukan tinggi ujung tangga dari
permukaan tanah
34.Diasajikan sebuah perahu layar
agar memperoleh dorongan angin dibantu
sebuah parasut . Peserta didik dapat menentukan panjang tali parasutyang
diperlukan seperti tampak pada gambar.
35.Disajikan gambar segitiga
samakaki KLM , KM = LM, garis MN^ KL dan
diketahui panjang KM serta KL. Peserta didik dapat menentukan panjang MN
36.Disajikan gambar segitiga
siku-siku ABC, siku-siku di B. Dan sebuah sebuah segitiga siku-siku ABD ,
siku-siku di A dan salah satu sisi siku-sikunya merupakan hipotenusa segitiga
siku-siku ABC. Pesrta didik dapat menentukan panjang sisi AD, jika diketahui
panjang AB dan BC serta CD
37.Diketahui sebuah persegi sama
dengan panjang hipotenusa segitiga
siku-siku .yang diketahui panjang siku-sikunya. Peserta didik dapat menentukan
luas persegi.
38.Disajikan gambar grafik data suhu
badan pasien dari puku 12.00 s,d 15.00. Dengan membaca grafik, peserta didik
dapat menentukan suhu badan pasien pada pukul 14.30.
39.Disajikan gambar digram lingkaran
yang menunjukkan kegemaran 200 siswa dalam mengikuti pelajaran di suatu sekolah. Yang dibagi 5 sektor dalam
satuan prosentase .Peserta didik dapat menetukan banyaknya siswa yang gemar
matematika.
40.Disajikan digram batang yang
menunjukan hasil penjualan buku selama lima hari dari hr senin hingga jumat.
Peserta didik dapat menentukan jumlah buku yang terjual selama lima hari.
Jangan Lupa di Like ya!
SEMOGA BERMANFAAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar