Sabtu, 14 September 2013

PKG DAN SOSIALISASI KURIKULUM 2013


Pada tanggal 04 September 2013, MGMP Matematika SMP Kabupaten Lampung Timur melaksanakan pertemuan yang pertama untuk semester ganjil TP 2013/ 2014. Pertemuan tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 3 Batanghari yang dihadiri oleh 33 guru matematika dan seorang Pengawas Sekolah.


Pertemuan ini diawali dengan penyusunan program kegiatan yang akan dilaksanakan untuk semester ganjil TP 2013/2014. Jadual kegiatan silakan lihat  disini

Materi yang dipresentasikan yaitu tentang PKG yang disampaikan oleh Bpk. Rohmanu, S. Pd. Materi PKG perlu disampaikan karena di tahun 2013 PKG sudah mulai dilaksanakan. Dengan demikian, Bapak/Ibu Guru akan semakin siap dalam menghadapi PKG. Bagi yang terpilih di sekolahnya sebagai calon asesor PKG, silakan datang pada pertemuan MGMP selanjutnya karena akan diadakan praktek PKG.

Yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam menghadapi PKG selain persiapan mengajar di kelas yaitu mempersiapkan perangkat pembelajaran, antara lain:
1.        Rujukan yang harus dimiliki dan dipahami (Permendiknas)
2.        Analisis SI (Pemetaan SK/ KD)
3.        Perhitungan KKM
4.        Program Tahunan
5.        Program Semester
6.        Silabus
7.        RPP
8.        Program remedial
9.        Buku Nilai Siswa
10.   Hasil Analisis Ulangan
11.   Buku catatan memberikan layanan konsultasi
12.   Buku absen peserta didik
13.   Buku agenda harian

Sosialisasi Kurikulum 2013 disampaikan oleh Ibu Mei Susilawati, S. Pd. yang sekarang telah diangkat sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Sekampung. Selamat ya bu. Materi ini disampaikan hanya sebatas informasi sebagian kecil yang telah kami terima selama mengikuti workhop Kurikulum 2013 di Hotel Nusantara selama 3 hari. Kebetulan Ibu Mei dan Saya sendiri mewakili MGMP Matematika Lampung Timur dalam workshop tersebut.

Untuk membantu Bapak/ Ibu guru mengetahui info tentang PKG dan sosialisasi Kurikulum 2013, saya sediakan link download materi yang disampaikan oleh Pemateri.
PKG dan Simulasinya silakan download  disini
Perhitungan PKG silakan download  disini
Kurikulum 2013 silakan download  disini

Jangan Lupa di Like ya!



SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar